Teknologi pendidikan dapat diartikan sebagai media yang terlahir dari perkembangan alat komunikasi yang digun akan untuk tujuan pendidikan. Alat-alat itu lazim disebut hardware. Ada pula yang memandang teknologi pendidikan sebagai suatu pendekatan yang ilmiah kritis, dan sistematis tentang pendidikan. Pendirian ini mengutamakan softwarenya. Tanpa alat-alat, pendidikan adapat dijalankan.
Sebaliknya, hardware tak berguna tanpa software. Teknologi pendidikan merupakan suatu ekspresi dari gerakan ilmiah yang telah dirintis sejak Aristoteles dan bergerak terus melalui, Wundt, Pavlov, Thorndike, Skinner, dan lain-lain.
Belajar berprograma yang diciptakan oleh B.F. Skinner banyak mendorong ke arah perkembangan teknologi pendidikan.
Teknologi pendidikan mengajak guru yang bersikap problematis terhadap proses belajar mengajar dan memandang tiap metode mengajar sebagai hipotesis yang harus diuji evektivitasnya. Dengan demikian teknologi pendidikan mendorong profesi keguruan untuk menjadi science. Namun guru harus selalu mengandung aspek seni.
Rangkuman Teknologi Pendidikan : Prof.Dr. Nasution
Jumat, 11 November 2011
Mengenai Saya
- RIZQY NARENDRA JATI
- Cangkringan, Yogyakarta, Indonesia
- mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Kependidikan Islam
0 komentar:
Posting Komentar