Minggu, 13 November 2011

MEDIA DALAM PENGGUNAANNYA

A.     Media Berbasis Manusia

Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirim dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Media berbasis manusia menagjukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang pusat pada masalah dan bertanya ala Socrates. Rancangan pembelajaran yang berpusat pada masalah dibangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar. Sedangkan penekanan teknik bertanya ala Socrates adalah penjelasan konsep-konsep dan gagasan-gagasan melalui penggunaan pertanyaan-pertanyaan pancingan.

B.     Media Berbasis Cetakan

Media berbasis etakan yang umum dikenal adalah buku teks, buku penuntun, jurnal, majalah, dan lembaran lepas. Teks berbasis cetakan ini menuntut enan elemen saat merancang, yaitu konsistensi, format, organisasi, daya tarik, ukuran huruf, dan spasi kosong.

C.     Media Berbasis Visual

Media ini dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat pengingatan. Bentuk visual bisa berupa gambar representasi, diagram, peta, dan grafik.

D.     Media Berbasis Audio-Visual

Salah satu pekerjaan penting dalam penggabungan visual dengan suara adalah media audio-visual yaitu penulisan naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan, rancangan, dan penelitian.

E.      Media Berbasis Computer

Computer berperan sebaga manager dalam proses pembelajaran, computer juga sebagai pembantu tambahan dalam belajar. Computer dapat menyajikan iformasi dan tahapan pembelajaran lainnya.

F.       Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar

Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan ketrampilan mengumpulkan informasi, mengambil intisari informasi, menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi, dan menggunakan informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Cangkringan, Yogyakarta, Indonesia
mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Kependidikan Islam

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls