Sabtu, 12 November 2011

POTENSI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Pada umumnya teknologi pendidikan dianggap mempunyai potensi untuk:

1.      Meningkatkan produktivitas pendidikan, dengan jalan:

a.       Mempercepat tahab belajar (rate of learning).

b.      Membantu guru untuk menggunakan waktunya secara lebih baik.

c.       Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi sehingga guru dapat lebih banyak membina dan mengembangkan kegairahan belajar anak.

2.      Memberikan kemungkinan pendidikan yang sfatnya lebih individual, dengan jalan:

a.       Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional

b.      Memberikan kesempatan anak berkembang sesuai kemampuannya.

3.      Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pengajaran, dengan jalan:

a.       Perencanaan program pengajaran yang lebih sitematis.

b.      Pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi penelitian tentang perilaku.

4.      Lebih memantapkan pengajaran, dengan jalan:

a.       Meningkatkan kapabilitas manusia dengan berbagai media komunikasi,

b.      Penyajian informasi dan data secara lebih konkrit.

5.      Memungkinkan belajar secara seketika (immediacy of learning) karena dapat:

a.       Mengurangi jurang pemisah antara pelajaran di dalam dan di luar sekolah.

b.      Memberikan pengetahuan langsung.

6.      Memungkinkan penyajian pendidikan lebih luas, terutama adanya media massa, dengan jalan:

a.       Pemanfaatan bersama (secara lebih luas) tenaga atau kejadian yang langka.

b.      Penyajian informasi menembus batas geografi.



Dikutip : Menyemai Benih Teknologi Pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Cangkringan, Yogyakarta, Indonesia
mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Kependidikan Islam

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls